Alur Keberatan

TATA CARA PENGAJUAN KEBERATAN DALAM PERMOHONAN INFORMASI PUBLIK

Pemohon Informasi Publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada atasan PPID Badan POM (Sekretaris Utama) berdasarkan alasan dengan tahapan sebagai berikut:

Tahap 1

1. Keberatan diajukan kepada atasan PPID Badan POM dalam jangka waktu paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja dengan         mengemukakan alasan

2. Atasan   PPID   Badan   POM   harus   memberikan   tanggapan   atas   pengajuan keberatan tersebut paling lambat 30 (tiga puluh) hari 3

3. Apabila atasan PPID menguatkan putusan yang ditetapkan bawahannya maka alasan tertulis disertakan bersama tanggapan tersebut

4. Jika pengaju keberatan puas atas putusan Atasan PPID, maka sengketa keberatan selesai.

5. Jika pengaju keberatan Informasi Publik tidak puas atas tanggapan Atasan PPID, maka penyelesaian sengketa Informasi Publik dapat diajukan kepada Komisi Informasi Pusat.

 

Tahap 2

1. Penyelesaian   Sengketa   Informasi   Publik   kepada   Komisi   Informasi   Pusat   dengan langkah-langkah sebagai berikut :

2. Pengajuan Sengketa Informasi Publik ke Komisi Informasi diajukan dalam waktu 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis dari Atasan PPID yang tidak memuaskan Pemohon Informasi Publik

3. Dalam  waktu  14  (empat  belas)  hari  kerja  setelah  diterimanya  permohonan penyelesaian   Sengketa   Informasi  Publik, Komisi Informasi   harus   mulai melakukan  proses  penyelesaian  sengketa  melalui  mediasi,  paling  lambat  100 (seratus) hari kerja

4. Jika pada tahap mediasi dihasilkan kesepakatan, maka hasil kesepakatan mediasi tersebut ditetapkan oleh Putusan Komisi Informasi

5. Apabila upaya mediasi dinyatakan tidak berhasil secara tertulis oleh salah satu pihak atau para pihak yang bersengketa menarik diri dari perundingan, maka Komisi Informasi melanjutkan proses penyelesaian sengketa melalui ajudikasi

6. Apabila salah satu atau para pihak yang bersengketa secara tertulis menyatakan tidak  menerima  putusan  ajudikasi  dari  Komisi   Informasi paling  lambat  14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya putusan tersebut, maka dapat mengajukan gugatan melalui pengadilan

7. Jika  Pemohon  Informasi  puas  atas  keputusan   Ajudikasi  Komisi  Informasi, sengketa selesai.

 

Tahap 3

1. Penyelesaian  sengketa  Informasi  Publik  melalui  pengadilan  dengan  langkah-langkah sebagai berikut :

2. Pengajuan gugatan dilakukan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara

3. Penggugat menerima putusan pengadilan

4. Pengajuan gugatan oleh salah satu atau para pihak yang bersengketa secara tertulis menyatakan tidak menerima putusan Ajudikasi dari Komisi Informasi Pusat paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya putusan tersebut

5. Jika tidak menerima putusan pengadilan, penggugat mengajukan Kasasi kepada Mahkamah Agung. Pengajuan Kasasi dilakukan selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari sejak diterimanya putusan Pengadilan Tata Usaha Negara

6. Jika pengaju sengketa puas atas putusan pengadilan, sengketa selesai