Ning Ita dan Cak Rizal Tinjau Sentra PKL Benteng Pancasila Pascakebakaran

 Setelah mendapatkan kepastian dari Pemerintah Pusat yang akan memberikan anggaran rehabilitasi sentra PKL Benteng Pancasila (Benpas) yang terbakar beberapa waktu lalu, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari langsung tancap gas. Ning Ita-sapaan akrab Walikota Mojokerto Kamis (3/1) langsung meninjau lokasi PKL Benpas yang akan dibangun kembali bersama Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria.

                “Saya akan pantau terus perkembangan rehabilitasi bangunan PKL Benpas ini,” tutur Ning Ita. Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah Kota Mojokerto di bawah kepemimpinan Ika Puspitasari yaitu mewujudkan ekonomi daerah yang mandiri, berdaya saing, berkeadilan dan berbasis pada ekonomi kerakyatan melalui peningkatan fasilitas pembangunan infrastruktur daerah.

                Pascakejadian kebakaran tahun 2017 lalu, Pemkot mengajukan pembangunan ke Presiden RI Joko Widodo kemudian didisposisi ke Kementerian Perdagangan RI melalui Dirjen Logistik Dalam Negeri. Hanya saja anggaran tersebut untuk rehab maksimal mendapatkan Rp. 1,7 miliar, padahal alokasi kebutuhan rehab sentra PKL Benpas lebih besar.

                Kemudian Disperindag Kota Mojokerto mengajukan anggaran dana rehabilitasi melalui plot Dana Tugas Pembantu (Dana TB) yang bermukim di Sesditjen Perdagangan Dalam Negeri. Kerana lewat jalan tersebut alokasi anggaran bisa meningkat hingga Rp. 10 Miliar. Pengajuan permohonan anggaran rehabilitasi tersebut diajukan tahun 2018 lalu.

                Melihat peluang kepastian anggaran dari pusat tersebut, Ning Ita ingin realisasi pembangunan kembali sentra PKL Benpas dapat maksimal. Sesuai dengan komitmen Ning Ita yang ingin menumbuhkan pemerataan ekonomi di segala sektor serta meningkatnya aksesbilitas masyarakat. (kha)