TALK SHOW RADIO GEMA BERSAMA KAJARI “PERLINDUNGAN KONSUMEN”

UU No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam Pasal 1 angka 1 “Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya Kepastian Hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen”. Untuk lebih memahami dan mengetahui hal tersebut Kajari Kota Mojokerto mengadakan Talk Show di Radio GEMA FM yang disampaikan oleh Narasumber Ika Mauluddina, SH Kasi Datun Kejari Kota Mojokerto), Andie Wicaksono, SH Jaksa Pengacara Negara di Kejari Kota Mojokerto. Dalam materinya disampaikan tentang alasan pokok Perlindungan Konsumen adalah untuk melindungi seluruh negara sebagaimana diamanatkan oleh tujuan Pembangunan Nasional menurut Pembukaan UUD 1945, melindungi konsumen perlu untuk menghindarkan konsumen dari dampak negatif penggunaan teknologi, melindungi konsumen perlu untuk melahirkan manusia-manusia yang sehat rohani dan jasmani sebagai pelaku pembangunan yang berarti juga untuk menjaga kesinambungan pembangunan nasional, melindungi konsumen perlu untuk menjamin sumber dana pembangunan yang bersumber dari masyarakat konsumen. Sedangkan tujuan perlindungan konsumen meningkatkan kesadaran, kemampuan & kemandirian konsumen untuk melindungi diri sendiri, mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkan dari ekses negatif pemakaian barang dan/atau jasa, meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan & menuntut hak-haknya sebagai konsumen, menetapkan sistem Perlindungan Konsumen (PK)yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapat informasi, menumbuhkan kesadaran Pelaku Usaha (PU) mengenai pentingnya Perlindungan Konsumen (PK), sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha, meningkatkan kualitas barang dan/atau jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang dan/atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen. 5 (lima) asas dalam perlindungan konsumen : Asas Manfaat adalah segala upaya dalam menyelenggarakan perlindungan konsumen harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan konsumen & pelaku usaha secara keseluruhan, Asas Keadilan adalah memberikan kesempatan kepada konsumen & pelaku usaha untuk memperoleh haknya & melaksanakan kewajibannya secara adil, Asas Keseimbangan adalah memberikan keseimbangan antara kepentingan konsumen, pelaku usaha & pemerintah dalam arti materiil maupun spiritual, Asas Keamanan & Keselamatan Konsumen adalah untuk memberikan jaminan atas keamanan & keselamatan kepada konsumen dalam penggunaan, pemakaian & pemanfaatan barang dan/atau jasa yang dikonsumsi atau digunakan, Asas Kepastian Hukum adalah baik pelaku maupun konsumen mentaati hukum & memperoleh keadilan dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen serta negara menjamin kepastian hukum.

Sementara Andie Wicaksono, SH Jaksa Pengacara Negara di Kejari Kota Mojokerto menjelaskan tentang Hak dan Kewajiban Konsumen adalah Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa, hak untuk memilih dan mendapatkan barang-barang dan/atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan, hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa, hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dan hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Kewajiban Konsumen membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa demi keamanan dan keselamatan, beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa, membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepekati, mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut. Dan juga tentang Hak Pelaku Usaha hak untuk menerima pembayaran yang sesuai dengan kesepakatan mengenai kondisi dan nilai tukar barang dan/atau jasa yang diperdagangkan, hak untuk mendapatkan perlindungan hukum dari tindakan konsumen yang beritikad tidak baik, hak untuk melakukan pembelaan diri sepatutnya di dalam penyelesaian hukum sengketa konsumen, hak untuk rehabilitasi nama baik apabila terbukti secara hukum bahwa kerugian konsumen tidak diakibatkan oleh barang dan/atau jasa yang diperdagangkan, hak-hak yang diatur dalam ketentuan Peraturan Perundang-undangan lainnya. Talk Show dilaksanakan Kamis (5/10/2017) di Radio Gema FM dipandu oleh Mey. (Sef).